Haruskah membeli Asuransi Perjalanan Domestik? Apa Benefitnya?

Untuk seseorang dengan mobilitas tinggi, travel menjadi suatu kegiatan yang tidak terhindarkan. Kita tidak pernah asing dengan istilah travel atau perjalanan. Entah seseorang melakukan perjalanan untuk keperluan bisnis, tur ilmiah, atau untuk kebutuhan berlibur semata. Meskipun demikian, selama perjalanan tersebut selalu saja ada resiko yang dapat mengkhawatirkan kita. Suatu musibah bisa saja terjadi kapan dan dimana pun. Kekhawatiran dalam perjalanan inilah yang ingin berusaha ditiadakan oleh perusahaan asuransi. Sehingga mereka menawarkan program asuransi perjalanan.

Khusus bagi para pelaku perjalanan dalam negeri, perusahaan asuransi telah menyediakan asuransi perjalanan yang dapat memberikan beberapa jaminan seperti asuransi kematian dan cacat tetap, kematian selain akibat kecelakaan, biaya medis, kehilangan barang atau dokumen-dokumen penting dan lain sebagainya. Karena resiko semacam itu bisa saja terjadi, oleh sebab itu setidaknya penting untuk anda menyiapkan asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan itu sendiri. Tentu saja demi kenyamanan anda dan bebas dari rasa cemas.

Meskipun membeli asuransi perjalanan domestik tidak wajib, tidak seperti ketika akan mengajukan visa schengen yang mewajibkankan pelaku perjalanannya membeli asuransi perjalanan untuk visa schengen. Menurut kami ada baiknya juga anda melengkapi diri anda dengan asuransi untuk perjalanan domestik anda. Lebih baik daripada tidak ada jaminan sama sekali, tidak ada yang menanggulangi biaya medis dsb jika benar-benar hal terburuk terjadi yang pada akhirnya menguras kantong anda.

Anda ingin mengetahui apa saja sih keistimewaan dari sebuah asuransi perjalanan domestik? sebenarnya secara umum manfaatnya sama saja dengan asuransi perjalanan internasional. Tetapi mungkin bedanya ada pada harga karena jelas perjalanan internasional akan selalu membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Belum lagi dipengaruhi nilai tukar rupiah yang tidak pernah selalu turun. Kebijakan membuat fitur-fitur suatu produk asuransi juga disesuaikan dengan jenis resiko yang bisa muncul apabila berada di suatu negara tertentu.

Untuk asuransi perjalanan domestik, berikut beberapa perlindungan umum yang bisa didapatkan:

  • Apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan anda mengalami cacat tetap/meninggal dunia, anda bisa mengklaim asuransi dengan nominal yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan asuransi yang bisa jauh lebih besar daripada premi yang telah anda bayarkan.
  • Perusahaan asuransi akan menanggulangi biaya medis, evakuasi medis darurat karena kecelakaan dan penyakit selama dalam masa perjalanan termasuk biaya pemulangan ke tempat asal.
  • Akan ditanggung biaya pengurusan pemulihan dokumen-dokumen yang hilang, barang kepemilikan pribadi seperti kamera, telepon seluler dsb. Biasanya jenis barang yang ditanggung dibatasi oleh perusahaan. Bisa berbeda-beda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Mereka memilki kebijakan masing-masing.
  • Bahkan anda akan diberikan santunan apabila terjadi keterlambatan bagasi, pembatalan perjalanan dan penundaan penerbangan. Bagaimana teknis klaim secara detailnya anda bisa menanyakan langsung pada perusahan asuransi tersebut.
  • Menariknya lagi anda mendapat perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran dan kebongkaran selama anda dalam masa perjalanan.

Biasanya untuk setiap perusahaan asuransi terdapat fitur-fitur special tambahan yang menjadi ciri khas  asuransi perjalanan domestik mereka. Dan fasilitas ini tidak dipublikasikan secara umum mengenai harga premi dan segala macamnya. Makanya ketika informasi yang tertera pada website suatu perusahaan asuransi kurang lengkap, itu memang disengaja. Tanyakan langsung mengenai produk keuangan mereka pada agen atau kontak person yang tertera, anda akan mendapati kejutan layanan-layanan tambahan ini. Selamat merencanakan perjalanan!