Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada laptop anda. Salah satunya laptop yang sering restart sendiri. Jika hal ini terjadi terus menerus, tentunya sangat mengganggu. Padahal kita sedang mengerjakan tugas penting. Anda harus segera mengatasinya, supaya tidak mengganggu performa laptop. Inilah penyebab laptop sering restart dan cara mengatasinya

Processor Overheat

Processor yang overheat bisa membuat laptop sering restart terus menerus. Anda bisa melihat suhu di hardware monitor BIOS. Anda juga bisa cek lewat software pengatur suhu. Kondisi overheat pada laptop bisa disebabkan banyak hal. Seperti ruang penyimpanan penuh, digunakan dalam waktu lama, thermal paste rusak dan lainnya. Anda bisa membersihkan kotoran pada laptop atau mengganti thermal paste. Supaya laptop tidak overheat.

Laptop Terkena Virus

Virus menjadi musuh semua laptop. Bila laptop anda restart terus menerus, cobalah untuk scan laptop. Mungkin ada virus yang menginfeksi laptop anda. Scan menggunakan antivirus yang bagus, sehingga semua virus bisa terdeteksi. Bersihkan semua virus yang sudah menempel pada laptop anda. Jika tidak hilang, anda bisa menginstal ulang laptop. Virus laptop bisa diperoleh dari internet, flasdik yang masuk ke laptop dan lainnya.

Kinerja Ram Menurun

Jika laptop restart sendiri, cobalah cek kondisi ram laptop. Mungkin sudah tidak sehat atau menurun kinerjanya. Bila penyebab laptop restart adalah ram, berarti anda harus menggantinya dengan yang baru. Tidak bisa menggunakan cara lainnya.

Hardsik Bad Sector

Hardisk bad sector atau rusak, bisa membuat laptop sering restart terus menerus. Hardisk bad sector, bisa membuat laptop hang, muncul bluescreen, tidak bisa booting dan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus melakukan scandisk kemudian mendefragnya. Jika masih tetap rusak, anda harus menggantinya dengan hardisk baru.

Supaya laptop tetap tahan lama, anda harus menghindari penyebab laptop sering restart diatas. Jangan lupa untuk merawat laptop dengan baik. matikan dan nyalakan laptop dengan benar. Jangan sering menutup laptop dalam kondisi panas dan gunakan laptop dengan baik.