5 Jenis Vitamin Penambah Nafsu Makan bagi Bayi

Pada usia tertentu bayi Anda akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga membuat Anda kesulitan untuk memberikannya makan. Kondisi ini mulai dialami di atas usia enam bulan setelah bayi Anda diberikan makanan pendamping ASI. Penurunan nafsu makan akan mempengaruhi berat badan bayi. Berikut ini vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan bayi.

  1. Vitamin B-6

Vitamin B-6 bisa Anda berikan pada bayi dengan memberikan biji-bijian misalnya bubur kacang hijau. Anda bisa membuat bubur ini secara alami karena akan mendapatkan kandungan vitamin B-6 yang lebih tinggi. Selain biji-bijian, Anda dapat membuatkan bayi bubur dari buah-buah yang mengandung vitamin B-6 yaitu pisang, alpukat, dan melon.

  1. Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh bayi dan dapat meningkatkan berat badan bayi Anda. Anda bisa memberikan vitamin ini melalui pemberian ASI. Anda yang mengonsumsi berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C agar ASI Anda memiliki kandungan nutrisi ini.

Anda juga bisa membuatkannya dalam bentuk bubur pada bayi dari buah-buahan yang mengandung vitamin c yaitu bubur dari labu yang manis dan juga kentang. Bubur dibuat cukup dengan merebus labu dan kentang. Anda bisa menambahkan ikan atau pun daging agar lebih bergizi.

  1. Vitamin D

Vitamin D yang Anda ketahui secara umum berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ternyata juga dapat meningkatkan nafsu makan bayi. Vitamin D bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis ikan, telur ayam, dan juga jamur.

Lebih mudah Anda mendapatkan vitamin D untuk bayi dengan memberikannya susu formula. Ada banyak susu berkualitas yang mengandung vitamin D. Anda bisa mendapatkan susu berkualitas dengan membelinya di toko online Orami dengan harga promo Lebaran. Harga yang diberikan diskon hingga 25%. Caranya hanya dengan mengunjungi website orami.com.

  1. Vitamin B-12

Vitamin berikutnya yang dapat meningkatkan nafsu makan bayi adalah vitamin B-12. Anda bisa mendapatkan vitamin B-12 dari olahan telur atau pun seafood. Anda dapat memberikannya kepada bayi yang juga dibuatkan ke dalam bentuk bubur selama bayi Anda tidak mengalami alergi dengan makanan dari seafood.

  1. Vitamin E

Vitamin E terdapat pada sayur bayam, brokoli, udang, tomat, wartel, buncis, daun bawang yang bisa Anda buatkan menjadi sup untuk dimakan bayi Anda. Cara lebih mudah untuk meningkatkan nafsu makan bayi dengan kandungan vitamin E adalah dengan memberikan bayi Anda minyak zaitun. Anda bisa membeli minyak zaitun yang dapat diminum di toko tersedia.

Nafsu makan pada bayi harus tetap dijaga demi mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. Anda dapat memantaunya dari berat badan bayi yang terus bertambah. Salah satu cara menjaga nafsu makan pada bayi dengan memberikan makanan yang terus berganti sehingga bayi tidak merasa bosan.